Launching Program Gelang Emas dan Panen Bersama Kelompok Tani

Kamis 25 Januari 2021, Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi melakukan panen bersama sekaligus Launching Program GELANG EMAS (GErakan Lumbung pAngan bErsama Masyarakat Atasi Stunting). Permasalahan Stunting di Kota Yogyakarta menjadi perhatian tersendiri bagi Pemerintah Kota Yogyakarta. dari 14 Kemantren yang ada di Kota Yogyakarta, Kemantren Danurejan menempati peringkat 4 besar, sedangkan di tingkat Kelurahan, Kelurahan Suryatmajan menempati peringkat teringgi. Hal ini menjadi keprihatian bagi pemerintah kota Yogyakarta dan masyarakat kel Suryatmajan.

Hal inilah yang melatar belakangi Lurah Suryatmajan Weda Satriya Negara berinisiasi melaksanakan program GELANG EMAS ini, dengan mendorong tersedianya lumbung pangan masyarakat di wilayah Suryatmajan melalui Kelompok Tani Dewasa (KTD) perkotaan yang ada di kelurahan Suryatmajan. Lurah Suryatmajan mengharapkan hasil pertanian dan perikanan dari kelompok tani di kampung Suryatmajan ini bisa dibeli oleh kelompok Gandeng Gendong maupun E-warung di wilayah Suryatmajan, yang nantinya bisa diolah menjadi makanan tambahan bagi balita stunting.

Wakil Walikota Yogyakarta menyambut positif program Gelang Emas tersebut dan mengharapkan kepada Kelompok Tani "Surya Tani" dan Masyarakat di Kampung Suuryatmajan untuk dapat mendukung dan bersinergi dengan Kelurahan Suryatamajan dan tetap semangat dalam menangani masalah stunting yang saat ini dihadapi kelurahan Suryatmajan. Program ini juga dapat meningkatkan ekonomi warga yang tergabung dalam kelompok tani "Surya Tani" di tengah pandemi yang kita hadapi sekarang ini