Sosialisasi Penanggulangan Bencana bagi Pengurus Kampung Tangguh Bencana Kelurahan Suryatmajan

Kelurahan Suryatmajan mengadakan acara Sosialisasi Penanggulangan Bencana bagi Pengurus Kampung Tangguh Bencana selama 2 hari dari tanggal 22-23 Juni 2021 di balai RW Ledok Macanan. Acara ini menghadirkan Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, ST. M.Si. serta beberapa narasumber dari BPBD Kota Yogyakarta dan narasumber dari RE Edutainment.

Pada Kesempatan itu Ketua Komisi A DPRD DIY Eko Suwanto, ST. M.Si mengharapkan agar acara- acara seperti ini dapat terus dilakukan dalam berbagai kesempatan, sehingga masyarakat akan memiliki pemahaman yang lebih baik akan bencana, setidaknya telah melakukan upaya pencegahan terlebih dahulu untuk mengurangi kemungkinan banyaknya jatuhnya korban.  Eko Suwanto, ST. M.Si menambahkan, sosialisasi yang menyangkut dengan kebencanaan sangatlah penting bagi pengurangan terhadap risiko bencana di masing-masing gampong. “Kampung yang tangguh terhadap bencana memiliki masyarakat yang tangguh pula dan mampu mengantisipasi dan meminimalisir kekuatan yang merusak akibat bencana, serta tanggap pada setiap potensi kebencanaan yang ada,” katanya.

Di sesi akhir acara diadakan acara aktivitas team building dari RE Edutainment untuk mempersatukan para KTB dari berbagai berbagai kampung yang berbeda agar tercipta keharmonisan serta mengembangkan kerja sama tim. Seperti kita tahu, dalam kegiatan Team Building biasanya kita akan ditantang dengan beberapa permainan mulai dari kelompok kecil hingga sinergi penggabungan kelompok besar. Disini, melalui simulasi-simulasi yang telah disiapkan kita akan menemukan kembali rasa semangat kebersamaan, kemudian bagaimana menuntaskan pekerjaan dengan efektif, bagaimana melatih jiwa kepemimpinan, keberanian mengambil keputusan, bagaimana menekan egoisme demi tercapainya tujuan utama, bagaimana indahnya saling mendukung dan bukan menjatuhkan rekan kerja, dan lain sebagainya.