Pelatihan Budidaya Jamur untuk warga Suryatmajan

Kelurahan Suryatmajan memberikan pelatihan budidaya jamur kepada Kelompok Tani (KT) Surya Tani dan warga di Kelurahan Suryatmajan. Pelatihan yang berlangsung selama 2 hari mulai tgl 11-12 Juni 2022.  Pelatihan ini di buka oleh Lurah Suryatmajan, Weda Satriya Negara, S.E., M.E. Pelatihan budidaya jamur ini merupakan pelatihan yang dirancang agar para peserta bisa belajar sekaligus praktek budidaya jamur secara bertahap, sehingga peserta bisa membudidayakan jamur  dengan baik dan benar. Pelatihan dipandu oleh narasumber Ibu Lestari dari Kelompok Tani Jamur Sedyo Lestari.
Hari pertama pelatihan diisi dengan penyampaian materi dasar budidaya jamur, pengenalan berbagai macam jenis jamur, pengemasan baglog, inokulasi, dasar pembibitan. Pada saat penyampaian materi diisi juga dengan pemaparan mengenai analisa usaha jamur untuk melihat potensi pasarnya.
Memasuki hari kedua pelatihan budidaya jamur, peserta mendapatkan informasi seputar strategi pemasaran jamur serta cara mengelola bisnis jamur agar hasil panen yang didapatkan dapat terserap pasar dan praktek langsung pembuatan medium dari pembuatan PDA (F0) hingga baglog produksi.
Lurah Suryatmajan mengharapkan agar pelatihan yang berlangsung selama 2 hari ini dapat berguna bagi warga Suryatmajan karena budidaya jamur menggunakan modal yang relatif kecil dan terjangkau oleh segala lapisan masyarakat. Teknologi tepat guna yang murah dan sederhana sehingga semua lapisan masyarakat bisa melakukan budidaya jamur. Budidaya jamur fleksibel sehingga dapat dilakukan siapa saja, dimana saja, kapan saja dan tidak mengenal musim, dapat dijalankan dalam skala rumah tangga/kecil, menengah bahkan dengan teknologi modern. Budidaya jamur mempunyai waktu panen yang singkat 45 hari memetik hasil, tidak membutuhkan biaya pakan, obat-obatan, dan pupuk. Budidaya jamur mempunyai waktu panen yang singkat 45 hari memetik hasil, tidak membutuhkan biaya pakan, obat-obatan, dan pupuk.