Mengenal Kampung Wisata Suryatmajan, Kampung Penuh Warna di Yogyakarta

Kampung Suryatmajan adalah kampung yang terletak di timur malioboro, merupakan kampung dengan komplek perumahan yang membentuk lorong-lorong. Keberadaannya yang dekat dengan pusat wisata terbesar di Yogyakarta memberikan ide bagi pemerintah dan warga untuk dapat menggali potensi dari wilayah kampung ini. Pada tahun 2020 muncul ide untuk menjadikan kampung ini sebagai kampung wisata, namun dengan adanya pandemi Covid-19 maka dengan berat hati rencana ini harus ditunda.

Pada akhir tahun 2022 ketika pandemi mulai mereda, rencana pembangunan kampung wisata ini dimulai, dalam kurun waktu 3 sampai 22 november yaitu kurang dari 20 hari dengan kerja sama masyarakat kampung bersama-sama untuk memperindah kampung dengan membuat mural di sepanjang lorong kampung, menggunakan 800 liter cat dan puluhan warna dengan kreatifitas warga terciptalah lukisan-lukisan yang indah dan instagramable.

Diresmikan pada maret 2023 lalu dan ditetapkan sebagai Kampung wisata binaan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (kemenkraf), Kampung Wisata Suryatmajan  rutin memberikan pelatihan yang dapat menggali potensi kelompok usaha untuk mengembangkan bisnisnya, sehingga sekarang banyak UMKM kuliner, kerajinan, dan lainnya yang ada di kampung wisata ini. Selain menyajikan tempat yang indah dan instagramable.

Masyarakat juga melakukan pengembangan olahan jamur yang dibudidayakan sendiri oleh kelompok Surya Tani, dengan berbagai kreasi seperti sate jamur, bakpia jamur, pepes jamur, jamur krispi, bakso jamur dan lainnya. Dibidang kerajinan masyarakat membuat pernak-pernik yang dibuat dari manik-manik dan juga barang bekas dibantu dengan mahasiswa Amikom Yogyakarta untuk membuat akun Tiktok Shop, yang dapat mendukung kegiatan jual beli dan meningkatkan potensi masyarakat. Kampung Wisata kini menjadi sasaran studi banding bagi kelompok atau individu yang ingin mendapat inspirasi dari Kampung Suryatmajan, hal ini membuktikan besarnya perhatian yang didapatkan kampung wisata ini, hal ini juga tidak jauh dari peran masyarakat yang sangat besar, dengan kebersamaan dan kerjasama masyarakat yang dapat membangun kampung wisata ini. Oleh karena itu diharapkan Kampung Wisata Suryatmajan dapat terus berkembang dan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan pemerintahan.

 

 

oleh :

Program Magang Prodi Ilmu Pemerintahan

Universitas AMIKOM Yogyakarta

 

Alfonsa Krisandra Rosari Andreani

Maria Mustika Lefteuw

Enjel Magdalena Waprak

Marko Leonard Amsyamsum