KKN Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Berhasil Lakukan Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kampung Gemblakan Atas Kelurahan Suryatmajan Kemantren Danurejan

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Kelompok 039 periode 2023/2024 di Kampung Gemblakan Atas, Kelurahan Suryatmajan, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta telah berhasil menyelesaikan program kerja KKN, Minggu (11/02/2024).

Kelompok KKN 039 UMY terdiri dari 10 orang mahasiswa dengan program studi yang berbeda-beda seperti Ilmu Komunikasi, Ilmu Ekonomi, Manajemen, Akuntansi, Teknik Sipil, dan Teknik Informatika. Kegiatan KKN berlangsung selama 31 hari sejak 11 Januari hingga 10 Februari 2024 dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat Gemblakan Atas Melalui Program 5K”. Program 5K mengacu pada aspek Kesehatan, Keamanan, Kebersihan, Kenyamanan, dan Kesejahteraan.

Sebelum pelaksanaan program KKN, seluruh mahasiswa melakukan observasi untuk mengetahui potensi dan permasalahan yang ada di Kampung Gemblakan Atas. Terdapat 2 program utama yang dicanangkan oleh KKN kelompok 039 di Kampung Gemblakan Atas, yaitu UMKM Berdaya dan Lansia Sehat. UMKM Berdaya merupakan program yang berfokus pada pemberdayaan UMKM di era digital, program ini dilaksanakan melalui kegiatan Seminar Digital Marketing dengan mengundang Rahardhian Galang selaku CEO & Founder Sumur Creative,

 
salah satu creative agency di Yogyakarta. Selain itu, terdapat pula kegiatan Penyuluhan Kesehatan Lansia sebagai upaya pelaksanaan program kerja Lansia Sehat yang dilakukan oleh Ika Setyawati dr., M.Sc selaku dokter dan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL).

 

Senam dan Jalan Sehat, Minggu (28/01/2024) Sumber Dokumentasi: Arsip KKN 039 UMY 2023/2024

 

“Saya memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada mahasiswa KKN 039 Universitas Muhammadiyah Yogyakarta di Kampung Gemblakan Atas yang selama satu bulan ini sudah bersosialisasi, bermasyarakat, sekaligus sharing ilmu maupun memberikan bantuan kepada masyarakat. Kami mengucapkan selamat atas terlaksananya program kerja dan sukses bagi mahasiswa KKN 039 UMY,” ujar Lurah Suryatmajan, Weda Satriya Negara, SE, SS, MEc, ME, pada Rabu (07/02/2024).

Karyudi, selaku Kepala Kampung Gemblakan Atas menyampaikan, dengan adanya KKN UMY, kami sebagai masyarakat Gemblakan Atas sangat senang sekali karena terbantu dalam banyak hal terutama dari program pemberdayaan UMKM. Selain itu ada juga kegiatan bimbingan belajar dan kegiatan lainnya yang disambut antusias. Kami berterima kasih banyak kepada mahasiswa KKN, semoga di tahun berikutnya program KKN dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dapat dilanjutkan kembali.

Digital Marketing Seminar, Senin (22/01/2024) Sumber Dokumentasi: Arsip KKN 039 UMY 2023/2024

Program kerja lainnya yang telah dilakukan oleh KKN 039 UMY periode 2023/2024 yaitu pembuatan QRIS & Google Maps bagi UMKM, pendidikan keagamaan atau TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) bagi anak-anak, pendidikan umum atau bimbingan belajar, senam & jalan sehat bersama seluruh warga Gemblakan Atas, pemanfaatan barang bekas untuk meningkatkan nilai guna sampah, pengolahan sampah dengan membuat Losida (Lodong Sisa Dapur), sosialisasi bahaya penyakit diabetes melitus pada lansia yang dilakukan dari rumah ke rumah, serta pemasangan plang di beberapa titik rawan jalan licin yang ada di Kampung Gemblakan Atas.